Kamis, 27 November 2014

Hubungan entrepreneur dengan opportunity

Opportunity merupakan peluang atau kesempatan, maka dalam menjalankan usahanya seorang entrepreneur harus pandai melihat tren bisnis yang sedang atau akan berkembang, mampu mengindentifikasi  sumber-sumber  potensial peluang bisnis yang merupakan upaya awal wirausahawan untuk dapat masuk ke pasar  Dengan  kegiatan  indentifikasi  ini,  wirausahawan  akan  dapat mengetahui  tinggkat  persaingan,  strategi  industri,  tujuan  pesaing,  menilai  kekuatan  dan kelemahan  pesaing , dan  mengestimasi  pola  persaingan.

Inovasi  merupakan instrument  penting  untuk  memberdayakan  sumber-sumber  yang  ada  agar  menghasilkan  suatu yang baru dan menciptakan nilai. Wirausahawan dapat menciptakan nilai dengan cara mengubah semua  tantangan menjadi  peluang melalui  ide=idenya  dan  pada  akhirnya menjadi  pengendali usaha (busines driven) dan pengendali pasar ( market driven).
Kreativitas sering kali muncul dalam bentuk  ide-ide untuk menghasilkan barang-barang  dab  jasa-jasa  baru.  Ide  dapat  digerakkan  secara  internal  melalui  perubahan  cara-cara/metode yang  lebih  baik  untuk  melayani  dan  memuaskan  pelanggan  dalam  memenuhi  kebutuhannya (produk dan jasa baru).
Jadi fokus  utama  dalam  mengembangkan  kewirausahaan  ini  harusnya  ditekankan  pada penciptaan  nilai  tambah  untuk meraih  keunggulan  daya  saing  (competitive  advantage) melalui pengembangan  kemampuan  khusus  (kewirausahaan)  sehingga  perusahaan  kecil  tidak  lagi mengendalikan strategi kekuatan pasar melalui monopoli dan fasilitas pemerintah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar